Mitos Atau Fakta Osteoporosis Bisa Dicegah Hanya dengan Minum Susu? Begini Kata Dokter
2 mins read

Mitos Atau Fakta Osteoporosis Bisa Dicegah Hanya dengan Minum Susu? Begini Kata Dokter

Osteoporosis adalah situasi tulang yang mengalami kerapuhan atau pengeroposan. Untuk mencegah Osteoporosis, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium yang cukup. Nah, susu sering kali disebut sebagai asupan kalsium yang baik.

Namun bernarkah minum susu bisa cegah terjadinya Osteoporosis? Dokter spesialis ortopedi konsultan hip & knee adult reconstruction, trauma, and sports dari RS Pondok Indah dr. Yoshi Pratama Djaja, Sp.OT (K) di Jakarta beri jawaban. Susu memang cukup membantu untuk mencukupi kebutuhan kalsium namun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu secara berlebihan.

Prancis Ngamuk 4.000 Warganya Daftar Jadi Tentara Bayaran Israel, Ancam Akan Jebloskan ke Penjara INNALILLAHI Jatuh Saat Susul Ibu ke Ladang, Wanita Disabilitas Tewas, Mayat Ditemukan di Tebing Bima ASN Ponorogo Ditemukan Tewas di Rumah, Diduga Sudah Meninggal 2 3 Hari

Curhatan Rumeysa Gelgi, Wanita Tertinggi di Dunia yang Kesulitan Jalani Kehidupan Ternyata Sule Diam diam Tangisi Adzam Imbas Calon Suami Baru Nathalie Holscher: Saya Membayangkan Halaman 4 Ajudan Bupati Aniaya Sopir Truk Dicopot, Bupati Kutai Barat FX Yapan Minta Maaf, Dandim : Proses!

Di Depan 211 Anggota FIFA, Erick Thohir Bicara soal Tekad Indonesia Tingkatkan Kualitas Sepak Bola di Tanah Air Bolasport.com Dampak Boikot Produk Pro Israel, CEO Starbucks Minta Masyarakat Berhenti Demo Kedai Kopinya Halaman all "Membantu, tapi tidak harus minum lima gelas sehari juga karena kita minum lima gelas sehari yang ada jadi gendut. Berlebihan tidak bagus juga," ungkapnya pada media briefing di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Dikatakannya, kalau memang kurang dan butuh mencukupi kebutuhan kalsium, maka bisa dipenuhi lewat suplemen. Kebutuhan kalsium untuk orang dewasa sendiri adalah 1000 miligram perhari. "Jadi kebutuhan kalsium kita 1000 mg perhari, di susu paling sekitar 200 mg. Dari pada berat badan naik, kita ambil suplemen saja," jelasnya.

Banyak suplemen kalsium yang bisa menutupi kebutuhan harian kalsium. Selain itu, kebutuhan kalsium bisa dipenuhi dengan sayur sayuran hijau, daging merah dan sebagainya. "Jadi sebenarnya indeks 1000 mg kalsium sehari kalau makan benar, cukup dengan makan makanan sehari saja. Jadi satu gelas susu cukup tapi tidak usah lebih," tutupnya.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *