Leica Geosystems Indonesia Berpartisipasi di Pemetaan Pembangunan IKN Nusantara
5 mins read

Leica Geosystems Indonesia Berpartisipasi di Pemetaan Pembangunan IKN Nusantara

Leica Geosystems Indonesia, bagian dari Hexagon Global, turut berpartisipasi di pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Faheem Khan, President Asia dari Hexagon Geosystems menjelaskan, teknologi mapping platform Airborne dari Leica Geosysten dan Hexagon digunakan untuk membuat pemetaan aerial/wilayah pada proyek IKN Nusantara sebelum proses konstruksi dimulai. Dia mengatakan, teknologi Airborne mapping platform yang dimiliki perusahaanya membantu pemetaan dan survei sejak rencana awal proyek IKN Nusantara, jauh sebelum pembangunan fase pertama proyek IKN Nusantara.

"Karena dalam membangun sebuah kota banyak elemen dan beragam aspek penting yang perlu diketahui, dan teknologi kami sangat tepat proyek ini,” tutur Faheem di sela acara HxGN LIVE Indonesia 2023 yang diselenggarakan Leica Geosystems Indonesia, selama dua hari di jakarta, pada 7 dan 8 November 2023. HxGN LIVE Indonesia 2023 merupakan event pertama yang diselenggarakan di Asia Tenggara dan menjadi gelaran digital reality dan geospasial untuk unjuk kecanggihan teknologi pengukuran, pemetaan dan survei, diikuti lebih dari 40 pembicara dari dalam dan luar negeri. Hexagon sendiri merupakan market leader di bisnis sensor, perangkat lunak, dan solusi otonom, di pasar global. Teknologi yang dikembangkan Hexagon mampu memanfaatkan data yang didapat dari real world untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas di seluruh aplikasi industri, manufaktur, infrastruktur, dan keselamatan.

BREAKING NEWS: Anies Baswedan Diadukan ke Bareskrim Polri Buntut Gunakan Akronim %27Amin%27 Kesal Tak Diberi Uang untuk Beli Sabu, Wanita di Deli Serdang Bakar Rumah Ibunya Wanita di Deli Serdang Nekat Bakar Rumah Ortu karena Tak Diberi Uang Beli Narkoba, Dibawa ke RSJ

Inilah Sosok Safitri Wanita Pecandu Narkoba Bakar Rumah Orangtua Karena Tak Diberi Uang Dulu Artis Dibawa ART Imbas Ortu Pisah, Kini Bahagia di AS Jadi Ibu Dharma Wanita, Suami Diplomat Halaman 4 Safitri Si Anak Durhaka dari Deli Serdang, Bakar Rumah Ibu karena Kesal Tak Diberi Uang Beli Narkoba

Leica Geosystems Indonesia Berpartisipasi di Pemetaan Pembangunan IKN Nusantara Dampak Boikot Produk Pro Israel, CEO Starbucks Minta Masyarakat Berhenti Demo Kedai Kopinya Halaman all Teknologi dari Hexagon dapat membentuk ekosistem perkotaan dan produksi sehingga masing masing sektor menjadi semakin terhubung secara mandiri serta memastikan pembangunan masa depan yang terukur dan berkelanjutan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengatakan, ketersediaan data dari segi perencanaan itu sangat penting, dimana kami sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional selain harus membuat rencana juga harus memonitor hingga mengevaluasi. "Data yang akurat itu tentu harus mutakhir, lengkap, kredibel dan dapat diakses. Karena itu penggunaan data harus sedemikian rupa menjadi bagian dari inklusivitas kemudian harus dapat dibuka untuk dapat dikolaborasikan,” ungkap Suharso. Suharso juga menyampaikan 3 poin penting pemanfaatan big data dan artificial intelligence (AI) seperti prediksi perubahan iklim, prediksi bencana (banjir, gempa, kekeringan) dengan lebih akurat dan ekonomi inklusif dengan memajukan UMKM.

“Karena itu penggunaan data harus sedemikian rupa menjadi bagian dari inklusivitas kemudian harus dapat dibuka untuk dapat dikolaborasikan,” ujarnya. Hari pertama penyelenggaraan HxGN LIVE Indonesia 2023 diikuti 519 perserta dari beragam profesi hingga instansi dari berbagai industri, seperti pemerintahan, infrastruktur, konstruksi, pertambangan, minyak dan gas, perkebunan, hingga akademisi. Acara dibuka oleh Presiden Hexagon Geosystems, Thomas Harring, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, serta Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Muh Aris Marfai, yang menjadi pembicara kunci.

HxGN LIVE Indonesia 2023 juga menampilkan beberapa pembicara yang berbagi pandangan tentang peran teknologi dan aktivitas transformasi digital yang telah dilakukan di berbagai sektor. Antara lain, proses digitalisasi rekonstruksi kecelakaan lalu lintas pada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. PT Hutama Karya juga turut memaparkan penggunaan teknologi digital di bidang geospasial untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan tol Trans Sumatera. Ditampilkan pula pemanfaatan teknologi digital di bidang geospasial untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, hingga pemeliharaan Candi Borobudur sebagai salah satu kegiatan konservasi sebagai bangunan bersejarah.

Divisi lainnya yang juga merupakan dari Hexagon Global juga turut serta meramaikan kegiatan ini adalah Hexagon Mining, Hexagon Manufacturing Intelligence, dan Hexagon Asset Lifecycle Intelligence. Kegiatan ini diharapkan dapat menjembatani penyampaian informasi mengenai solusi teknologi terbaru dari Hexagon kepada para pemilik bisnis, pemangku kepentingan, perencana pekerjaan, serta pelaksana lapangan ruang lingkup geospasial beserta dengan pendukungnya. Selain terdapat juga sesi dan summit para peserta juga dapat berinteraksi dengan area pameran yang disebut Zona Hands on yang juga menampilkan berbagai eksebisi interaktif mengenai beragam solusi dari Hexagon yang secara langsung pengalaman menggunakan teknologi inovatif seperti BLK2Go, GS18i, hingga deteksi utilitas bawah tanah, serta memainkan simulator hasil pembangunan kembaran dijital (digital twin) dari teknologi digital reality.

Di acara ini juga diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU), kerjasama antara Leica Geosystems Indonesia dan tiga Institusi, yaitu Universitas Gajah Mada, Ikatan Surveyor Indonesia, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, untuk pengembangan SDM unggul yang mampu memanfaatkan teknologi digital reality dan geospasial, termasuk dalam rangka penganggulangan bencana. Di kegiatan ini juga diserahkan penghargaan Geosystems Innovation Award, bagi perusahaaan atupun institusi yang dinilai berhasil menghadirkan perubahan positif melalui inovasi teknologi digital reality dan geospasial. Para penerima penghargaandi antaranya, Badan Informasi Geospasial, PT Pamapersada Nusantara, PT Putra Perkasa Abadi, PT Freeport Inonesia, PT Bukit Asam Tbk, Korlantas POLRI, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dan PT Hutama Karya (Persero).

Pada hari kedua, peserta dibagi ke dalam tiga kelas membahas mengenai inovasi dan perkembangan baru di bidang digital reality dan geospasial. Tema yang dibahas di antaranya, pure surveying and smart government, intelligent mining and natural resources, digital innovation in construction summit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *