BBM Bioetanol RON 95 Akan Rilis Juni ini, Ini Prediksi Harga Per Liternya
2 mins read

BBM Bioetanol RON 95 Akan Rilis Juni ini, Ini Prediksi Harga Per Liternya

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru, Bioetanol, akan memiliki research octane number (RON) 95. Sebelumnya, Pertamina pernah memiliki BBM dengan RON 95, yaitu Pertamax Plus, namun sekarang sudah tidak dipasarkan lagi. "Jadi, itu (Bioetanol) RON 95. Nanti kisaran harganya sama dengan RON 95. Bulan ini akan diluncurkan," kata Nicke ketika ditemui di Kemang Village, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2023).

Terkait harga per liternya, ia mengatakan akan mirip dengan BBM RON 95 yang sudah beredar di luar sana dari merek lain. "Ya kita harus compare di harga tersebut, tapi kan ini ada green nya (energi hijau/ramah lingkungan). Jadi, lebih baik dengan harga yang sama," ujar Nicke. Perkiraannya, BBM Bioetanol akan dibanderol dengan kisaran harga Rp 13 ribu per liter sebab perusahaan lain yang menjual BBM RON 95 membanderol di rentang tersebut.

Saat ini, ada tiga perusahaan yang menjual BBM dengan RON 95, yaitu Vivo, Shell, dan BP AKR. Harga HP Samsung A14 5G Makin Murah di Desember 2023, Hp Performa Bandel Paling Affordable Series A Bangkapos.com Sering Kena PHK Perusahaan, Iwan Terpaksa Tinggal di Gubuk Tengah Kebun Jati Bareng Anaknya: Musibah Halaman 4

Spesifikasi dan Harga Hp OPPO A78 Terbaru Desember 2023, Sudah NFC dan Baterai Jumbo Dampak Boikot Produk Pro Israel, CEO Starbucks Minta Masyarakat Berhenti Demo Kedai Kopinya Halaman all Per Selasa (13/6/2023), harga BBM Shell V Power dengan RON 95, turun Rp 1.450 menjadi Rp 13.400 per liter dari yang sebelumnya Rp 14.850.

Kemudian, BP Ultimate mengalami penurunan sebesar Rp 1.450 menjadi Rp 13.400 per liter dari sebelumnya Rp 14.850 per liter. Sedangkan harga BBM Revvo 95 dari SPBU Vivo per 1 Juni 2023 ada di angka Rp 14.651 per liter. Ditemui terpisah, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkap 15 SPBU di Surabaya, Jawa Timur, akan segera melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis baru, yaitu Bioetanol.

"Yang saya tahu, di Surabaya akhir bulan ini sudah ada beberapa belas pom bensin yang sudah siap. Mestinya akhir bulan ini sudah ada 15," katanya. Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yaitu Bioetanol pada bulan ini. Dikutip dari Kompas.com, BBM jenis ini merupakan campuran antara BBM konvensional dengan nabati etanol yang berasal dari produk sampingan tebu.

Adapun, produk sampingan tebu yang digunakan untuk campuran bensin bioetanol ini merupakan hasil produksi anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Grup yakni PT Energi Agro Nusantara. Peluncuran BBM Bioetanol ini dilakukan sebagai salah satu langkah transisi energi guna mewujudkan kemandirian energi Indonesia di samping menurunkan karbon emisi. BBM Bioetanol ini akan diluncurkan setelah melalui berbagai uji coba dengan kualitas di atas Pertamax dan di bawah Pertamax Turbo. Bahan bakar nabati yang akan disalurkan Pertamina ke depannya akan terdiri dari dua produk, yaitu Biodiesel dan Bioetanol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *